Menjaga Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara yang Rukun, Damai, dan Moderat di Indonesia: Membangun Kesadaran Moderasi dari Dini

Istilah Moderasi akhir-akhir ini banyak diperbincangkan oleh berbagai kalangan. Moderasi adalah sebuah upaya yang menghendaki sebuah kehidupan yang aman dan damai dalam sebuah masyarakat yang beragam, tanpa adanya tindakan-tindakan kekerasan atau pemaksaan antara satu dengan yang lain, karena para anggota masyarakatnya memiliki kesadaran untuk saling memahami dan menghargai satu dengan yang lain. Indonesia merupakan negara yang memiliki bermacam-macam suku, agama, kepercayaan, budaya, kelas sosial-ekonomi dan sebagainya. Maka konsekuensinya Indonesia memiliki problematika yang sangat kompleks. Satu dekade terakhir ini, bangsa Indonesia diramaikan dengan wacana munculnya fundamentalisme, radikalisme, dan terorisme.

Masyarakat muslim di Indonesia menghadapi dua kelompok yang berbeda yang dipengaruhi oleh pemahaman atas interpretasi teks-teks agama. Pertama, kelompok yang memahami teks-teks keagamaan secara ekstrim dan mengaktualisasikan pemahamannya kepada orang lain sedemikian rupa, bahkan dengan menggunakan kekerasan. Kedua, kelompok yang memahami agama secara tekstual dan cenderung memandang budaya asing yang masuk secara negatif, sehingga kebenaran dalam pandangannya hanya apa yang dikatakan oleh teks-teks agama secara literal.

Membumikan moderasi sebagai bentuk terwujudnya kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang rukun, damai, dan moderat di Indonesia adalah sebuah keharusan yang tidak dapat terelakkan. Indonesia sebagai bangsa yang besar juga memiliki keragaman yang harus terus dipupuk dari dini, sehingga kelak generasi anak cucu bangsa menikmati kedamaian abadi di dalam Negeri-nya.

(Muslimhijrah.id/Za)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *